:::: MENU ::::

blog newfutureid adalah blog yang membahas tutorial tutorial dalam dunia komputer

Minggu, 03 Februari 2019

assalamulaikum

SELAMAT PAGI!!!!!!!!!!!!
pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu tentang vpn, pasti teman-teman sering mendengar istilah VPN untuk lebih jelasnya silahkan di baca di bawah ini 


VPN (Virtual Private Network) merupakan jaringan pribadi dan tidak diakses untuk umum. Jaringan pribadi ini menggunakan internet untuk menghubungkan antar remote-site dengan aman. VPN beroperasi pada topologi yang rumit dari jaringan point to point. Fungsi dari VPN adalah untuk memberikan hubungan yang aman antara jaringan pribadi yang terhubung melalui internet. Ada 2 kata disini yang digaris bawahi yaitu:
  • Virtual Network
Merupakan jaringan yang bersifat virtual. Tidak ada koneksi yang jaringan yang bersifat rill antara 2 titik yang saling berhubungan.
  • Private
Merupakan jaringan yang terbentuk ini bersifat private (pribadi) sehingga tidak semua orang bisa akses. Datanya pun terenkripsi meskipun melalui jaringan public.
Jadi, VPN merupakan salah satu cara aman untuk dapat mengakses Local Area Network (LAN) yang menggunakan internet atau jaringan umum untuk dapat melakukan transmisi data paket secara private dan terenkripsi.
Cara kerja VPN:
  • VPN butuh sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC dan Server VPN yangbisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi usernamedan password dan jika berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya. 

itu penjabaran sedikit tentang vpn, lalu bagaimana cara membuat koneksi vpn 

  1. khusus windows 10 kita masuk ke control panel lalu pilih vpn dan klik add vpn 
  2. setelah itu masuk ke situs https://freevpn.me/accounts/ 
  3. masukan sesuai gambar dari username password sesuai akun di situs https://freevpn.me/accounts/  lalu klik save
  4. lalu klik conect dan tunggu samai terhubung
  5. kalau udah terbubung coba test di situs https://www.speedtest.net/id
jika sudah bisa baik anda mau browsing atau apapun akan terjamin kerahasian data data anda

sekian dari saya semoga bermanfaat .

wassalamualaikum


itjkijjjlk

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us